Kominfo akan perluas kriteria tender BWA

Senin, 13/04/2009 13:20 WIB

oleh : Fita Indah Maulani

JAKARTA (Bisnis.com): Departemen Kominfo berencana memperluas kriteria calon peserta tender BWA, jaringan tetap lokal berbasis packet switched menggunakan pita frekuensi radio 2,3GHz, untuk keperluan layanan pita lebar nirkabel (wireless broadband).

Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S. Dewa Broto mengatakan pihaknya terus mempersiapkan pelaksanaan tender BWA. Semua persiapan hampir rampung, tinggal revisi mengenai kriteria calon peserta.

“Kami berencana memperluas dari semula peserta hanya dimungkinkan kepada penyelenggara jaringan telekomunikasi dan/atau penyelenggara jasa telekomunikasi, maka akan diperluas agar konsorsium dapat mengikuti seleksi ini,” ujarnya di Jakarta, hari ini.

Konsorsium yang bisa mengikuti tender merupakan gabungan dari penyelenggara jaringan telekomunikasi dan/atau penyelenggara jasa telekomunikasi. Tujuan perluasan kriteria untuk memberi kesempatan dan peluang kepada perusahaan yang bergerak dalam penyelenggaraan layanan pita lebar nirkabel (wireless broadband), namun mempunyai keterbatasan modal atau ingin berbagi risiko, untuk turut serta dalam proses seleksi ini.

Gatot menegaskan rencana perluasan kriteria calon peserta ini bukan karena adanya kepentingan ataupun tekanan tertentu. Pihaknya tetap memberi batasan bagi perusahaan dalam konsorsium. Mereka yang bisa ikut dibatasi pada perusahaan yang kepemilikan modal asingnya tidak lebih dari 49% untuk penyelenggaraan jaringan telekomunikasi untuk penyelenggaraan jaringan tetap berbasis radio dan penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis kabel.

Konsorsium baru ini pada awal pembentukannya harus dibuktikan dengan suatu nota kesepahaman (MoU) secara tertulis sebagai pra kondisi menuju pembentukan suatu perusahaan baru.(yn)

source: http://web.bisnis.com/sektor-riil/telematika/1id112533.html

~ by informationmedia on April 24, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: