Axis Tambah BTS Tenaga Surya

Sabtu, 10 Januari 2009

Selain menambah luas coverage areanya, Axis juga membuktikan komitmen jangka panjangnya dalam tanggung jawab terhadap lingkungan lewat penggunaan BTS “hijau”. BTS yang menggunakan tenaga surya ini dipasang di wilayah Minas Barat, Sumatera. Inilah salah satu kelanjutan program Go Green yang tahun lalu diluncurkan. Targetnya menjadikan Axis sebagai salah satu operator telekomunikasi terhijau.

BTS Minas Barat ini sama sekali tidak menggunakan tenaga listrik dari PLN. Sumber energinya diperoleh dari 44 panel photovoltaic yang digunakan untuk menghasilkan total 8 ribu watt tenaga listrik di saat cuaca cerah. Nantinya energi matahari tersebut akan disimpan dalam battery yang akan menjadi sumber energi saat malam hari atau cuaca berawan. Proses kerja sistem penyerapan energi ini tidak mengeluarkan suara sehingga terhindar dari polusi suara yang akan mengganggu orang sekeliling.

Operator ini mengenalkan sistem hemat energi dan sistem pendingin di semua BTS-nya yang ada di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah mengurangi penggunaan sumber daya dan produksi CO2. Hal ini juga termasuk efisiensi generator berbahan bakar solar sebagai tenaga cadangan ikut dikembangkan dengan mengatur secara cermat waktu pengoperasian.

Menurut Muslim Khan, Chief Technology Officer AXIS, tahun ini perusahaannya akan memperkenalkan turbin angin untuk mendayagunakan tenaga angin yang tersedia di sebagian wilayah di Indonesia. “Tujuan kami membantu mengurangi penggunaan sumber tenaga nasional melalui solusi inovatif. Dalam jangka panjang kami berniat mengurangi jejak karbon dan sedapat mungkin meminimalkan kerusakan lingkungan,” katanya.

~ by informationmedia on April 28, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: