Esia Turunkan Tarif 70 % di Jatim dan Bali

08 April 2009

 

SURABAYA –Esia kembali melakukan gebrakan tariff denga menurunkan tariff telepon hingga 70% di wilayah Jatim dan Bali.

Tercatat delapan kota bisa menikmati penurunan tariff telepon meliputi Surabaya (031), Malang (0341), Denpasar (0361), Mojokerto (0321), Pasuruan (0343), Lamongan (0322), Jember (0331), Kediri (0354) dan Madiun (0351).

Irfandi Firmansyah, EVP Sales PT Bakrie Telecom Tbk mengatakan dengan tariff baru ini Esia merupakan tariff termurah saat ini untuk semua panggilan ke seluruh operator di semua waktu. Esia menetapkan hanya ada 4 angka yang perlu diingat oleh pengguna Esia: Rp 40,- ke Sesama Esia, Rp 80,- ke Telpon Rumah dan CDMA dengan kode area lokal, Rp 480,- ke GSM Lokal dan Rp 800,- untuk telpon ke luar kota dan luar negeri, ke semua operator.

“Penurunan tariff ini dilakukan sebagai upaya Esia untuk memperkuat posisinya sebagi produk yang inovatif dalam memberikan tariff telepon yang benar-benar murah dan mudah dipahami masyarakat. Langkah ini sekaligus juga menjadi kontribusi Esia untuk meringankan beban pengeluaran masyarakat di tengah beban ekonomi akibat krisis keuangan global,” katanya, Selasa (7/4).

Irfandi menambahkan skema tariff Esia murah dan sederhana. Murah karena tariff Esia benar-benar termurah dibandingkan operator lain. Sederhana karena tarif ini berlaku tanpa syarat, bukan tarif promosi dan tidak membingungkan bagi masyarakat. Kapan pun telepon dilakukan tariffnya akan sama.

Melalui tarif murah ini, Esia ingin mengajak masyarakat untuk semakin kritis mensikapi berbagai tawaran tarif murah yang diberikan operator telekomunikasi. Memang tampaknya tarif yang bahkan cenderung gratis dari berbagai operator sangatlah menguntungkan masyarakat. Namun sebenarnya yang terjadi adalah kompetisi semu, dimana biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk menggunakan berbagai layanan tersebut tidaklah berubah.

“Persaingan bisnis telekomunikasi saat ini sangat ketat. Dan Esia memposisikan diri sebagai operator termurah dengan jaringan memadai. Esia memantapkan jaringan yang sudah ada sebelum merambah kota baru,” ujarnya.

Data 2008 lalu, pelanggan Esia 7,3 juta, sebagian besar sebesar 5,5 juta pelanggannya berada di Jabodetabek. Sisanya, 1,8 juta berada di luar Jabodetabek, 500 ribu diantaranya di Jatim Bali. Dengan demikian potensi pelanggan di luar Jabodetabek sangat besar, karena penetrasi masih dibawah 48%. Sementara di Jabodetabek bisa lebih di atas 60% menjadikan persaingan sangat ketat.

 

 

Sumber: http://www.surabayapagi.com/redesign/index.php?p=detilberita&id=30593

 

=============================================

Surabaya, Investor Daily – PT Bakrie Telecom Tbk menurunkan tarif percakapan hingga 70% di wilayah Jawa Timur dan Bali. Tercatat delapan kota bisa menikmati tarif baru ini, yakni Surabaya, Malang, Denpasar, Mojokerto, Pasuruan, Lamongan, Jember, Kediri dan Madiun.


Executive Vice President Sales Bakrie Telecom Irfandi Firmansyah mengatakan, dengan tarif baru ini Esia merupakan operator yang menawarkan tarif termurah saat ini untuk semua panggilan ke seluruh operator pada semua waktu.

Esia hanya menawarkan empat jenis tarif kepada pelanggannya. Yakni, tarif Rp40 untuk menelepon ke sesama pelanggan Esia, Rp 80 ke telepon rumah dan pelanggan CDMA dengan kode area lokal, Rp 480 ke GSM lokal dan Rp 800 untuk menelepon ke luar kota atau luar negeri dan ke semua operator. Semua tarif itu dalam hitungan per menit.

“Penurunan tarif ini sebagai upaya Esia untuk memperkuat posisinya sebagai produk yang inovatif dalam memberikan tarif telepon yang benar-benar murah dan mudah dipahami masyarakat. Langkah ini sekaligus menjadi kontribusi Esia untuk meringankan beban pengeluaran masyarakat di tengah beban ekonomi akibat krisis keuangan global,” kata Irfandi di Surabaya, Selasa (7/4).

Irfandi mengatakan, melalui tarif murah ini, Esia ingin mengajak masyarakat untuk makin kritis menyikapi berbagai tawaran tarif murah dari operator telekomunikasi lain. Secara tampak luar, kebanyakan tarif yang ditawarkan operator lain cenderung gratis. Namun biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk menggunakan berbagai layanan tersebut sebenarnya tidaklah berubah.

“Persaingan bisnis telekomunikasi saat ini sangat ketat. Dan Esia memosisikan diri sebagai operator termurah dengan jaringan memadai. Esia memantapkan jaringan yang sudah ada sebelum merambah kota baru,” ujarnya.

Pada akhir 2008, pelanggan Esia mencapai 7,3 juta, dan sebagian besar (5,5 juta) berada di Jabodetabek. Sisanya 1,8 juta pelanggan berada di luar Jabodetabek, 500 ribu diantaranya ada di Jatim dan Bali.

                                                                       

 

Sumber: http://www.chazwan.blogspot.com/2009/04/esia-turunkan-tarif-70-di-jatim-dan.html

=================================================

Turunkan Tarif , Tingkatkan Penetrasi

 

SURABAYA – Operator telekomunikasi berbasis teknologi CDMA terus menggarap pasa Jatim dan Bali. Ini dilakukan lantaran penetrasi di daerah tersebut masih di bawah 48 persen. Angka ini tergolong rendah dibandingkan penetrasi di Jabodetabek yang lebih dari 60 persen. Untuk meningkatkan penetrasi, salah satu strategi yang dipakai adalah dengan merombak total skema tarif layanan suara hingga 70 persen.

Irfandi Firmansyah EVP selaku Sales PT Bakrie Telecom Tbk mengungkapkan, konstribusi pelanggan non Jabodetabek untuk pengguna produk Fixed Wireless Acces (FWA), Esia, hingga akhir 2008 hanya sekitar 1,8 juta dari 7,8 juta total pelanggan. Di mana, sekitar 5,5 juta pelanggan berasal dari Jabodetabek. ”Salah satu penyebab rendahnya penetrasi Esia di Jatim dan Bali karena beberapa operator telekomunikasi sudah lebih lama eksis di sini,” paparnya di sela peluncuran penurunan tarif telepon Esia hingga 70 persen di Jatim dan Bali di Plasa Marina kemarin (7/4). ”Untuk menarik pelanggan baru, kami harus memberikan sesuatu yang baru dan khusus. Yakni dengan menurunkan tarif hingga 70 persen. Ini bukan tarif promo, artinya akan terus berlaku.”

Pemangkasan tarif hingga 70 persen itu untuk layanan suara pelanggan Esia ke nomor GSM di seluruh nusantara.

 

Sumber: http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=62117

================================================================

~ by informationmedia on April 28, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: