BRTI Siap Audit Jaringan SLI Bakrie Telecom

 

Selasa, 28/04/2009 16:15 WIB –

 

Jakarta – Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengaku siap mengaudit infrastruktur jaringan yang digunakan Bakrie Telecom untuk akses sambungan langsung internasional (SLI) 009.

Anggota Komite BRTI Nonot Harsono menyatakan demikian, karena menurutnya, audit jaringan saat uji laik operasi (ULO) hasilnya bisa berbeda saat jaringan layanan sudah dikomersialkan.

 

“Audit sudah pasti kita lakukan melalui ULO. Tapi kualitas sangat tergantung pada beban trafik, yang mana ini tidak bisa disimulasi saat ULO. Kami sekarang menunggu surat komplain resmi dari pengguna,” jelasnya pada detikINET, Selasa (28/4/2009).

 

Wacana untuk mengaudit jaringan SLI milik anak usaha kelompok Bakrie & Brothers ini mengemuka setelah kualitas sambungannya dipertanyakan. Kualitas bening yang dijanjikan lewat sambungan clear channel ternyata tidak memuaskan sebagian kalangan.

 

Bahkan, jaringan SLI Bakrie dicurigai menggunakan jaringan voice over internet protocol alias VoIP untuk terminasinya di luar negeri.

 

“Saya sudah mencoba menggunakan kode akses 009 ke Singapura dan Hong Kong. Ternyata kualitas yang didapat tidak sebening janji iklannya. Agak delay dan kresek-kresek suaranya, seperti menggunakan VoiP,” keluh praktisi telematika, Ventura Elisawati.

 

Dugaan menggunakan jaringan VoIP dibantah keras oleh pihak Bakrie Telecom. Direktur Korporasi Rakhmat Junaidi menyatakan pihaknya murni menggunakan jaringan berbasis clear channel.

 

“Kalau kita pakai VoIP, itu melanggar aturan. Semuanya kalau diklasifikasikan dan dealnya sebagai SLI maka dari Singapura Batam-Jakarta, semuanya sudah clear channel. Baik originasi maupun terminasi,” tandasnya saat dikonfirmasi

~ by informationmedia on April 29, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: