Telkomsel incar 30 juta pelanggan pakai Halo Hybrid

Senin, 02/06/2008

Telkomsel incar 30 juta pelanggan pakai Halo Hybrid

JAKARTA: PT Telkomsel memperluas program Halo Hybrid, mengincar potensi ke sekitar 30 juta pelanggan eksis operator tersebut. Fasilitas migrasi model layanan itu ditarget dapat meningkatkan proporsi pengguna pascabayar dan loyalitas pelanggan.

Onang Prihadi, General Manager Product Management PT Telkomsel, menuturkan dengan fasilitas pindah layanan pascabayar-prabayar fleksibel itu semua nomor kartu Simpati bisa pindah ke paket tersebut melalui Grapari-Grapari.

“Dari survei kami, pelanggan postpaid merasa memiliki kelemahan karena tidak dapat mengendalikan pemakaiannya. Dengan ini siklus pembayaran [billing cycles] bisa dicek dan menjadi kendali objektif bagi pengguna,” ujarnya.

Menurut Onang, di samping menjaga loyalitas pelanggan, layanan itu turut meningkatkan basis pengguna pascabayar yang pertumbuhannya lambat dibandingkan dengan prabayar sesuai? dengan karakteristik pengguna telekomunikasi di Indonesia.

Dia menambahkan pada layanan itu tersedia pembatasan penggunaan atau batas maksimum tagihan yang dapat dipilih.

“Namun Halo Hybrid bukan satu-satunya, nanti akan ada layanan yang memberikan nilai lebih lainnya,” tegasnya.

Suryo Hadiyanto, Manager Corporate Communication Telkomsel, menuturkan Halo Hybrid berpotensi menyasar 30 juta pelangan eksis pengguna nomor awal 0811, 0812, dan 0813.

“Setahun lalu, Halo Hybrid telah menjaring 250.000 nomor baru, di layanan pascabayar ini termasuk jumlah yang besar, sama dengan yang diraih operator [lain] setelah bertahun-tahun lamanya,” kata Suryo.

Onang menambahkan belanja rata-rata per pelanggan (average revenue per user atau ARPU) dari Halo Hybrid pascabayar dan prabayar mencapai sekitar Rp100.000 per bulan. Adapun pelanggan kartu Halo mempunyai ARPU sekitar Rp250.000 per bulan.

Saat ini pelanggan kartu Simpati mencapai 29 juta nomor, sementara pelanggan kartu As mencapai lebih 20 juta nomor, dan kartu Halo mencapai lebih dari 2 juta nomor.

Dalam perkembangan lain, Telkomsel membukukan pertumbuhan jelajah internasional sebesar 500% kendati kontribusi layanan itu masih di bawah 10%.

Direktur Utama PT Telkomsel Kiskenda Suriahardja mengatakan pihaknya mencatat lonjakan trafik jelajah internasional sampai 500%. “Lonjakan lima kali lipat ini membuktikan kualitas yang lebih baik, meskipun pendapatan dari jelajah internasional kurang dari 10%,” ujarnya baru-baru ini.

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

~ by telcoindustry on May 6, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: