Mobile-8 Hentikan Ekspansi Jaringan

PT Mobile-8 Telecom Tbk menghentikan ekspansi pembangunan jaringan telekomunikasi seluler dan fixed wireless access (FWA) secara nasional dan hanya menambah kapasitas di area kongesti. Direktur Layanan Korporasi Merza Fachys mengatakan kegiatan perluasan jaringan hanya dilakukan untuk mengatasi wilayah yang sudah padat kapasitasnya.

“Kongesti artinya beban jaringan Mobile-8 sudah mendekati 80%. Wilayah yang terkena kongesti biasanya terjadi di kota-kota besar dan padat penduduknya,” ujarnya kepada Bisnis.

Berdasarkan laporan keuangan per September 2008, kas dan setara kas Mobile-8 merosot secara signifikan menjadi Rp160,17 miliar dari posisi akhir September 2007 sebesar Rp652,49 miliar.

Mobile-8 membukukan rugi bersih Rp275,29 miliar per September 2008 dibandingkan dengan laba bersih per September 2007 Rp55 miliar.

Rugi bersih itu terjadi karena lonjakan beban usaha. Pendapatan bersih operator itu per September tahun ini Rp610,76 miliar dibandingkan dengan per September tahun lalu Rp626,31 miliar.

Mobile-8 akan memprioritaskan belanja modal tahun ini untuk meningkatkan kapasitas cakupan wilayah layanan yang sudah ada dibandingkan dengan agresif melakukan ekspansi.

Jaringan milik operator tersebut telah mencakup seluruh Jawa, Bali, Sumatra, dan sebagian di Kalimantan dan Sulawesi. Saat ini base transceiver station (BTS) sudah 1.500-2.000 unit.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan mengawasi secara lebih ketat kinerja dari PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) setelah perusahaan tersebut terbelit masalah obligasi dalam rupiah dan dolar AS belum lama ini.

Pada pertengahan tahun lalu, operator tersebut mengalokasikan belanja modal sekitar US$200 juta untuk mengembangkan jaringannya secara nasional.

Sekjen Indonesia Telecommunication User Group (Idtug) Mohammad Jumadi mengatakan frekuensi yang kurang optimal digunakan sebaiknya diserahkan ke operator lain saja.

(Sumber: Bisnis Indonesia)a

~ by informationmedia on May 19, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: